Istilah-Istilah Perhotelan Yang Perlu Anda Ketahui

Ananta Bungalow

Ketika kita berpergian, atau pada saat melakukan kunjungan wisata, umumnya kita akan memilih akomodasi (tempat menginap) berupa villa, guest house, resort, hingga hotel. Berbicara mengenai hotel, penginapan ini hadir dalam berbagai jenis, diantaranya:

A. Macam-macam Jenis Hotel

  • City Hotel. Adalah hotel yang berada di perkotaan.
  • Resort hotel, atau biasa disebut resort saja. Adalah penginapan yang berlokasi di tepi pantai atau di daerah pegunungan.
  • Residensial hotel. Adalah istilah yang digunakan untuk menyebut hotel yang berada di pinggiran kota atau jauh dari keramaian.
  • Adalah singkatan dari “motor hotel.” Biasanya hotel ini bisa dengan mudah kita temukan di pinggir jalan yang menghubungkan antar dua kota atau lebih.
  • Beach hotel. Adalah hotel yang berlokasi di pinggir pantai.
  • Airport hotel. Adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan hotel yang berlokasi dekat dari bandara.
  • Dan masih banyak jenis-jenis hotel lain yang bisa dibedakan berdasarkan tipe tamu seperti: family hotel, bisnis hotel, tourist hotel, bungalow hotel, first class hotel, dan lain-lain.

Selain ada bermacam-macam jenis hotel, seperti yang telah disebutkan di atas, dalam perhotelan pun ada istilah-istilah tertentu yang umum digunakan. Nah, jika berencana menginap di hotel, ada baiknya Anda mengetahui berbagai istilah yang sering digunakan tersebut agar nantinya tidak bingung atau justru salah kaprah.

B. Istilah Perhotelan

1. Jenis Kamar
  1. Standard room. Adalah tipe kamar hotel yang paling rendah yang biasanya memiliki luas paling kecil dibandingkan dengan kamar-kamar yang lain.
  2. Superior room. adalah kamar yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan standar room. Pada umumnya memiliki fasilitas yang kurang lebih sama seperti standard room.
  3. Deluxe room adalah pilihan kamar yang luasnya sama atau lebih besar dari superior room. Namun umumnya memiliki berbagai fasilitas tambahan yang membedakannya dengan standar room dan superior room. Misalnya: dilengkapi dengan balkon, pemandangan langsung ke arah kolam renang, atau bisa juga berlokasi tepat di samping kolam renang, sehingga ketika buka pintu, tamu bisa langsung menuju berenang.
  4. Family room. Adalah kamar hotel yang cocok untuk keluarga, terutama bagi Anda yang membawa serta anak-anak. Umumnya memiliki kamar yang cukup luas dengan fasilitas berupa bed untuk dua-tiga orang dewasa dan dua orang anak.
  5. Suite room. Type kamar suites umumnya terbagi menjadi tiga kategori yaitu:
    1. Junior suite room
    2. Suite room
    3. Presidential suite room

Perbedaan ketiga sweet tersebut terletak pada luas dan fasilitas yang ditawarkan. Umumnya tipe presidential suite adalah tipe paling lengkap dan paling mewah yang disediakan oleh sebuah hotel untuk tamu mereka.

2. Tempat Tidur
  1. Single bed. Adalah istilah untuk menyebutkan ranjang atau tempat tidur yang hanya bisa digunakan atau cocok untuk satu orang saja. biasanya berukuran 90 cm X 200 cm.
  2. Double bed. Adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan satu buah ranjang berukuran besar yang bisa di share untuk dua orang. Umumnya berukuran antara 160 X 200 cm, 180 X 200 cm, atau 200 X 200 cm.
  3. Twin bed. Artinya dua buah ranjang atau tempat tidur, umumnya berukuran 90 cm X 200 cm untuk dewasa, dan 90 X 130 cm, 120 X 120 cm, atau 140 X 140 cm untuk anak-anak dan remaja.
  4. Queen size bed. Adalah tempat tidur anak berukuran 160 cm X 200 cm yang bisa digunakan untuk berdua namun tidak begitu luas.
  5. King size bed. Adalah tempat tidur yang biasanya berukuran 180 X 200 cm.
  6. Super king size bed. Adalah ranjang berukuran 200 X 200 cm.
3. Kamar Mandi
  1. Pancuran air.
  2. Tempat berendam.
  3. Hair dryer. Pengering rambut.
  4. Private jacuzzi. Adalah bak mandi air panas umumnya berbentuk kolam untuk hidroterapi atau relaksasi.
4. Harga
  1. Rack rate atau published. Adalah harga kamar yang umumnya diberlakukan secara resmi oleh hotel kepada mereka yang memesan langsung ke hotel (go show)
  2. Internet rate. Adalah harga yang ditawarkan oleh pihak hotel melalui website. Biasanya sedikit lebih murah dibandingkan dengan published rate.
  3. Promo rate. Adalah harga promosi yang biasanya ditawarkan kepada pelanggan tertentu.
  4. Corporate rate. Adalah harga kamar hotel yang khusus diberikan kepada instansi pemerintah atau swasta yang memiliki hubungan (kerjasama) dengan hotel.
  5. Agen Rate. Adalah harga khusus yang hanya diberikan kepada travel agent. Harga yang ditawarkan lebih murah dari published rate, karena umumnya akan ditawarkan kembali oleh travel agent kepada para pencari hotel.
 5. Istilah lainnya
  1. Full book. Istilah ini digunakan untuk mengatakan bahwa hotel sudah penuh. Full book juga sering disebut Blackout date.
  2. High season atau peak season. Adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan bahwa saat itu adalah musim liburan sekolah, liburan musim panas, lebaran, atau liburan-liburan nasional lainnya seperti Imlek dan tahun baru. Pada saat itu, umumnya harga kamar bisa naik hingga 100% dari harga normal.
  3. Check in. Istilah untuk kedatangan yang pertama, atau untuk mengambil kunci kamar. Umumnya dibuka pada pukul 14.00.
  4. Check out. Mengembalikan kunci sekaligus membayar tagihan kamar. Istilah yang berkaitan adalah check out time yang berarti “batas waktu check out.” Dan, late check out yang berarti kelonggaran waktu yang diberikan pihak hotel melewati batas check out.

Pada umumnya check out paling lambat adalah pukul 12.00. Atau waktunya bisa sama dengan waktu check in. Misal, jika check-in pukul 14.00 maka check out juga pukul 14.00. Tergantung dari kebijakan hotel.

  1. Adalah fasilitas sarapan yang disediakan oleh hotel.
  2. Bell boy. Kurang lebih sama dengan ‘porter’ atau orang yang bertugas untuk membantu tamu mengangkat koper, tas, dan bertugas melayani tamu untuk berbagai keperluan seperti membelikan sesuatu, dan lain-lain.
  3. Pool side. Adalah kamar yang letaknya persis berada di samping kolam renang.
  4. Penyediaan (layanan) makanan dalam bentuk prasmanan.
  5. A la carte. Penyajian makanan yang metodenya kurang lebih sama seperti di warung atau lesehan.
  6. Minuman beralkohol.
  7. Booking atau reserve. Istilah untuk memesan kamar.
  8. Adalah ruang utama hotel.
  9. Mini bar. Adalah fasilitas hotel berupa kulkas kecil dengan isi lengkap yang biasanya disediakan di dalam kamar. Tagihan yang harus dibayar oleh tamu tergantung dari jumlah atau jenis item yang diambil.
  10. Lounge atau bar. Adalah sejenis resto yang dilengkapi dengan musik. Umumnya digunakan sebagai tempat bersantai dan menikmati minuman.
  11. Tagihan biaya kamar.
  12. Pelayan untuk tamu hotel termasuk di dalamnya adalah bell boy.
  13. Pick up service. Adalah layanan antar jemput dari bandara ke hotel atau sebaliknya.
  14. Istilah ini digunakan untuk memberitahukan Anda bahwa hotel service sedang melakukan bersih-bersih di kamar atau kolam renang.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *